Perancangan Rekam Medis Elektronik (RME) dan Implementasinya

8:07 PM Unknown 0 Comments

Hillary Clinton menuliskan bahwa membutuhkan sebuah media untuk menumbuh kembangkan anak. Pada umumnya, memang membutuhkan unit – unit atau kelompok yang saling peduli untuk menciptakan RME yang efektif. Semua orang harus berpartisipasi secara langsung sehingga semua bisa dilayani dan berjalan dengan baik. Pada bab ini akan dibahas tentang :
a.       Mengidentifikasi kebutuhan dan syarat – syarat menuju RME yang sempurna.
b.      Menjelaskan latar belakang terhadap manajemen proyek, kemampuan – kemampuan seorang manajer proyek, dan teknik – teknik manajemen pelaksanaan proyek.
c.       Menggambarkan struktur organisasi unit terkait RME dan peraturan – peraturan sebagai seorang anggota.
d.      Menggambarkan formasi yang efektif, fungsi yang efektif, fungsi kepanitiaan dan mengemukakan ide – ide untuk membentuk sebuah tim dan tim kerja yang efektif.
e.       Membahas strategi untuk mengubah suatu manajemen proyek.
f.       Menggambarkan perubahan – perubahan dan mengidentifikasi peluang – peluang terhadap peraturan  manajemen informasi.
·         Persyaratan Implementasi RME
Pada dasarnya, setiap organisasi / intalasi bidang kesehatan sedang dalam tahap atau prosess menuju RME, tetapi masih belum siap untuk mengidentifikasinya dan mengimplementasikannya. Akan tetapi, organisasi dalam bidang kesehatan sudah mulai menuju ke proses perubahan RME atau sadar bahwa RM konvensional sudah perlu dilakukan perubahan atau kurang layak. Kenyataanya bahwa RME sudah ada dalam setiap visi organisasi kesehatan. Situasi ini mengantarkan pada rencana strategis dimana RME itu sendiri bukan merupakan suatu tujuan, tetapi hanya sebuah sarana untuk mencapai tujuan yang lain. Pendekatan ini digunakan untuk mengenali nilai – nilai RME dan membantu sumber – sumber yang sesuai untuk memulai proyek RME.
Bagaimanapun untuk mencapai pisisi itu, manajemen senior termasuk kepemimpinan dokter harus benar – benar memahami dan berkomitmen terhadap RME dan menyampaikan pesan kepada semua anggotanya. Kemudian, persyaratan sebuah RME adalah perencanaan, dukungandari senior manajemen, ketersediaan staf medis, keikutsertaan anggota, dan sumber – sumber pendukung lainnya.
·         Perencanaan
Meskipun fakta menunjukkan bahwa pada dasarnya setiap organisasi bidang kesehatan akan mengembangkan rencana strategis yang akan mengimplementasikan information of technology (IF) atau teknologi informasi seperti Rekam Medis Elektronik (RME) dan membangun anggaran sendiri untuk IT, proyek RME tidak harus semata – mata dipandang sebagai proyek merupakan inisiatif strategis kerjasama organisasi bidang kesehatan yang sama sekali tidak mengurangi pentingnya RME, tetapi lebih dari itu menempatkannya sebagai keistimewaan yang utuh dari hakikat setiap inisiatif.

Serangkaian strategi RME juga mampu mencapai tujuan  - tujuan penting lainnya, diantaranya:
1.      RME dapat tercapai tujuannya dari keuntungan yang diharapkan melalui berbagai inisiatif yang dikerjakan dengan sungguh – sungguh. Hal ini memastikan adanya integrasi yang baik terhadap inisiatif organisasi bidang kesehatan.
2.      Keuntungan dari inisiatif telah diantisipasi dan dihitung secara potensial : selanjutnya, keuntungan yang didapat dari RME bisa lebih jelas.
3.      Inisiatif telah diberdayakan secara tepat dan memiliki perhatian dari manajemen senior : dan selanjutnya, RME akan memperoleh perhatian dan keuntungan serta mendapatkan hasilnya.

·         Dukungan Manajemen Eksekutif
Dukungan dari manajemen eksekutif sebagai karakteristik yang secara umum ditemukan diantara penyedia layanan dan RME yang telah berhasil. Proyek RME merupakan proyek jangka panjang, dan memakan biaya yang cukup mahal. Periode keuntungan usaha mereka sering berkembang dengan baik selama tiga tahun yang kebyakan pimpinan eksekutif (CEO) mencari dalam membuat investasi. Singkatnya, mendapatkan dukungan dari manajemen senior merupakan hal yang penting demi suksesnya RME dan merupakan salah satu hal yang tidak bisa dilakukan dalam dalam waktu yang singkat. Beberapa factor yang dapat memepengaruhi level dukungan manajemen meliputi :
1.      Kebanyakan pimpinan eksekutif perusahaan dan bahkan beberapa pimpinan eksekutif keuangan dan informasi perusahaan, dan juga para anggota tidak memahami konsep dan tujuan RME secara utuh. Pendidikan merupakan elemen penting dalam mendapatkan dukungan kepemimpinan. Pendidikan manajemen senior berperan penting dalam membangun kepercayaan dan standart perusahaan. Hal itu dibutuhkan untuk mendapatkan tempat dan pendukung  yang berlipat sepanjang waktu untuk mempersuasi para pemimpin bahwa RME mempunyai peran penting yang akan mendukung strategi inisiatif kerjasama organisasi di bidang kesehatan.
2.      Pimpinan eksekutif perusahaan mungkin akan menanyakan alasan apakah staf medis akan menggunakan RME untuk mencapau keuntungan yang maksimal. Menyediakan beberapa standart data yang digunakan oleh dokter di dalam organisasi bidang kesehatan yang lain akan memberikan manfaat untuk mendapatkan dukungan dari pimpinan eksekutif perusahaan. Bagaimanapun, organisasi bidang kesehatan harus mampu bersaing. Sebuah organisasi bidang kesehatan yang mempunyai staf rumahan tidak sama dengan organisasi bidang kesehatan yang para dokternya berbasis dalam komunitas utama. Bahkan, sebuah masukan bisa mendapatkan dukungan langsung dari staf medis  organisasi bidang kesehatan.
3.      Pimpinan eksekutif perusahaan akan lebih leluasa mendukung proyek RME ketika organisasi bidang kesehatan mampu  membangun sebuah lahan bisnis RME. Bagaimanapun lahan bisnisnya harus realistis. Hal itu tidak penting untuk berusaha menentukan nilai – nilai ekonomi dari setiap keuntungan yang di dapat. Portofolio keuntungan bisa termasuk keuntungan ekonomi dan kualitatif, tetapi keuntungan kualitatif harus di hitung dalam rangka untuk mendapatkan dukungan dari para pimpinan eksekutif.


0 comments: