PENGERTIAN SEARCH ENGINE[LENGKAP]
- PENGERTIAN SEARCH ENGINE
Search Engine adalah aplikasi
yang didesain untuk mencari informasi dunia world wide web/ internet. Internet terdiri dari
triliun data dan informasi dalam jutaan server dan lokasi yang tersebar luas.
Search engine menkoleksi data, gambar, informasi dalam bentuk indeks. Informasi
yang disajikan dalam bentuk daftar kepada pencari berdasarkan info yang
diberikan oleh pencari.
- SEJARAH SEARCH ENGINE
Sebelum ada web search
engine(mesin pencari web), terlebih dahulu ada sebuah webserver yang memiliki
daftar lengkap. Tampilan tersebut diubah oleh Tim Berners-Lee dan dimana CERN
webserver menjadi tuan rumahnya. Sejarah dalam sebuah foto yang masih tersisa
dari 1992. Semakin banyak webserver yang online tampilan pusat tidak dapat
ikuti. Dalam NCSA server baru diumumkan dengan judul "What's New!"
tetapi tidak terdapat tampilan yang lengkap lagi.
Alat yang pertama kali
digunakan untuk mencari informasi di internet dinamakan Archie. Nama itu
singkatan dari "archive" tanpa "v". Alat ini diciptakan
pada tahun 1990 oleh Alan Emtage, seorang murid di McGill Universitas di
Montreal. Program ini menyalin data dari semua file di komputer yang terletak
di FTP (File Transfer Protocol) tanpa nama, menciptakan kumpulan data yang bisa
ditemukan di komputer; bagaimanapun, Archie tidak memberi petunjuk dalam situs
ini.
Gopher meningkat (diciptakan
pada tahun 1991 oleh McCahill di Universitas Minnesota) memimpin 2 program
pencari baru, Veronica dan Jughead. Seperti Archie, mereka mencari nama file
dan judul yang disimpan dalam sistem index (petunjuk) Gopher. Veronica (Very
Easy Rodent-Oriented Net-wide Index to Computerized Archives) menyediakan kata
kunci pencarian dari kebanyakan judul menu Gopher dalam semua tampilan Gopher
keseluruhan. Jughead (Jonzy's Universal Gopher Hierarchy Excavation And
Display) adalah sebuah alat untuk mendapatkan informasi dari server Gopher.
Sementara sebuah nama mesin pencari "Archie" bukan penunjuk untuk
berbagai seri buku komik Archie, "Veronica" dan "Jughead"
adalah karakter dalam berbagai seri, jadi mengarah pada pendahulu.
Pada musim panas tahun 1993,
tidak ada mesin pencari untuk web saat itu, walaupun berbagai macam katalog
khusus ada di tangan. Oscar Nierstrasz di Universitas Geneva menuliskan
berbagai seri tulisan tangan Perl dimana akan secara berkala mencermikan
halaman ini dan menuliskan kembali ke format standar yang dibentuk untuk dasar
W3Catalog, web sederhana pertama mesin pencari, yang dilepaskan pada 2
September 1993.
Pada June 1993, Matthew Gray,
kemudian di MIT, menghasilkan mungkin robot web pertama, the Perl -berdasarkan
World Wide Web Wanderer, dan menggunakan itu untuk menghasilkan penunjuk
(index) yang dinamakan 'Wandex'. Tujuan dari Wanderer adalah untuk mengukur
suatu ukuran dari World Wide Web, dimana itu berlangsung sampai akhir 1995.
Mesin pencari web yang kedua Aliweb muncul pada November 1993. Aliweb tidak
menggunakan web robot, tetapi bergantung pada konfirmasi oleh pengelola website
dari setiap situs yang ada dalam format tertentu.
JumpStation (dilepaskan pada
December 1993) menggunakan web robot untuk menemukan halaman web dan membangun
penunjuknya, dan menggunakan bentuk web untuk gabungkan dengan program
pertanyaan. Itu adalah WWW yang pertama-penemuan alat untuk menyatukan tiga
ciri khas yang penting dari mesin pencari web (crawling, indexing, dan
searching). Oleh karena keterbatasan sumber yang ada dari platform, jadi
(indexing) dan dengan demikian mencari yang terbatas pada judul dan topiknya
yang ditemukan di halaman web bersamaan dengan crawler.
Satu dari "full text"
crawler yang pertama-berdasarkan mesin pencaru adalah WebCrawler, yang keluar
pada tahun 1994. Tidak seperti pendahulunya, itu membiarkan pengguna mencari
kata-kata dalam berbagai halaman web, dimana telah menjadi standar dari semua
mesin pencari utama. Itu juga merupakan yang pertama dikenal/terkenal oleh
umum. Pada tahun 1994 Lycos (yang dimulai pada Universitas Carnegie Mellon)
diluncurkan, dan menjadi usaha perdagangan komersil yang utama.
Segera setelah itu, banyak
mesin pencari muncul dan bersaing untuk ketenaran. Termasuk didalamnya
Magellan, Excite, Infoseek, Inktomi, Northern Light, dan AltaVista. Yahoo!
adalah cara yang paling banyak diminati oleh kebanyakan orang untuk menemukan
halaman web, tetapi fungsi pencarian beroperasi pada direktore web, daripada
teks penuh yang disalin dari halaman web. Informasi dari para pencari dapat
juga dilihat direktori daripada melakukan pencarian kata kunci.
Pada tahun 1996, Netscape
sedang mencari sesuatu untuk memberikan mesin pencari single rundingan yang
istimwea untuk menjadi ciri khas mesin pencari. Terdapat begitu banyak minat
yang menghantam Netscape oleh 5 mesin pencari utama, 5 juta dolar per tahun
setiap mesin pencari akan diputar pada halaman mesin pencari Netscape. Lima
mesin ini adalah: Yahoo!, Magellan, Lycos, Infoseek dan Excite.
Mesin pencari juga terkenal
sebagai beberapa bintang cemerlang dalam internet menginvestasikan (frenzy)
yang terjadi pada akhir 1990an. Beberapa perusahaan memasuki pasar, menerima
catatan selama persembahan umum mereka. Beberapa sudah melepas mesin pencari
umum mereka dan hanya perusahaan pemasaran, seperti Northern Light. Beberapa
perusahaan pencari ditangkap pada (dot-com bubble), spekulasi bom yang terjadi
pada tahun 1999 dan berakhir pada tahun 2001.
Sekitar tahun 2000, mesin
pencari Google bangkit untuk menjadiyang terdepan. Perusahaan mencapai hasil
yang memuaslan untuk beberapa pencarian dengan penemuan yang disebut PageRank.
(iterative algortihm ranks) halaman web berdasarkan angka dan PageRank dari
situs web yang lain dan halaman yang berhubungan dengan itu, dengan pemisalan
bahwa barang atau halaman yang menarik berhubungan lebih daripada yang lain.
Google juga mempertahankan pemisahan minimal untuk mesin pencarinya.
Bertentangan, beberapa pesaing tertanam pada mesin pencari di portal web.
Tahun 2000, Yahoo menyediakan
layanan pencarian berdasarkan mesin pencari Inktomi. Yahoo! mendapat Inktomi
pada tahun 2002 dan Overture (yang dimiliki oleh AlltheWeb dan AltaVisa) pada
tahun 2003. Yahoo! (switched) ke mesin pencari Google sampai tahun 2004. ketika
di luncurkan mesin pencarinya sendiri berdasarkan penggabungan teknologi dari
perolehannya.
Microsoft pertama kali
meluncurkan MSN Search (in the fall of) 1998 menggunakan hasil pencarian dari
Inktomi. Pada permulaan 1999 situs tersebut mulai menampilkan daftarnya dari
Looksmart digabung dengan hasil dari Inktomi kecuali untuk jangka pendek tahun
1999 ketika hasil dari AltaVista digunakan. Pada tahun 2004, Microsoft memulai
masa peralihan untuk pencarian teknologinya, didukung oleh web crawler
(dinamakan msnbot).
Microsoft memberikan merk lagi
pada mesin pencari, Bing, yang diluncurkan pada 1 Juni 2009. Pada 29 July 2009,
Yahoo! dan Microsoft menyelesaikan rundingan dimana Yahoo! Search didukung oleh
teknologi Microsoft Bing.
Berdasarkan Hitbox, ketenaran
Google memuncak pada 82.7% bulan Desember 2008. Pada July 2009 prestasi
menunjukkan Google berada pada 78.45 kalah dari Baidu 8.87%, dan Bing 3.17%.
Penguasaan pasar dari Yahoo! adalah 7.16% dan AOL 0.6% juga ditolak.
Di Amerika Serikat, Google
memimpin pada 63.2% penguasaan pasar pada May 2009, berdasarkan Nielsen
NetRatings. Republik of Cina, Baidu memegang 61.6% penguasaan pasar untuk
pencarian web bulan July 2009.
Web robot yang pertama kali
muncul adalah "Wandex" dari World Wide Web Wanderer, suatu aplikasi
indeks yang ditemukan oleh Matthew Gray di MIT pada 1993 sampai 1995 yang
digunkan untuk mengetahui seberapa besar world wide web. Kemudian muncul Aliweb
dan sampai sekarang. Kemudian ada mesin lain yang bernama Lycos, lahir pada
tahun 1994, yang telah berkembang pesaat menjadi usaha yang komersial. Kemudian
sudah mulai muncul banyak mesin yang bersaing diantaranya adalah WebCrawler,
Hotbot, Excite, Infoseek, Inktomi, dan AltaVista.
Search Engine sendiri pun
terbagi atas dua kelompok yaitu Individual Search Engine yaitu mengumpulkan
data dari web kemudian menampilkan hasilnya berdasarkan indeks pada basis
individu. Contohnya adalah Google (www.google.com), hotbot (www.hotbot.com),
FastSearch (www.fastsearch.com). Sedangkan kelompok yang lain adalah Meta
Search Engine yaitu dengan cara mencari data dari beberapa individual search
engine secara bersama-sama. Contohnya adalah lxquick (www.ixquick.com), Meta
Crawler (www.go2net.com/search.html), QbSearch (www.qbsearch.com).
Beberapa Search Engine:
* Altavista (http://www.altavista.com)
* Alltheweb (http://www.alltheweb.com)
* Ask (http://www.ask.com)
* AOL (http://www.aol.com)
* Britannica (http://www.britannica.com)
* Dogpile (http://www.dogpile.com)
* Gigablast (http://www.gigablast.com)
* Google (http://www.google.com)
* HotBot (http://www.hotbot.com)
* Live Search (http://www.live.com)
* LookSmart (http://www.looksmart.com)
* Lycos (http://www.lycos.com)
* Mamma (http://www.mamma.com)
* MetaCrawler (http://www.metacrawler.com)
* MSN (http://www.msn.com)
* Netscape (http://www.netscape.com)
* Search (http://www.search.com)
* Snap (http://www.snap.com)
* Yahoo (http://www.yahoo.com)
* WebCrawler (http://www.webcrawler.com)
* Wisenut (http://www.wisenut.com)
* Altavista (http://www.altavista.com)
* Alltheweb (http://www.alltheweb.com)
* Ask (http://www.ask.com)
* AOL (http://www.aol.com)
* Britannica (http://www.britannica.com)
* Dogpile (http://www.dogpile.com)
* Gigablast (http://www.gigablast.com)
* Google (http://www.google.com)
* HotBot (http://www.hotbot.com)
* Live Search (http://www.live.com)
* LookSmart (http://www.looksmart.com)
* Lycos (http://www.lycos.com)
* Mamma (http://www.mamma.com)
* MetaCrawler (http://www.metacrawler.com)
* MSN (http://www.msn.com)
* Netscape (http://www.netscape.com)
* Search (http://www.search.com)
* Snap (http://www.snap.com)
* Yahoo (http://www.yahoo.com)
* WebCrawler (http://www.webcrawler.com)
* Wisenut (http://www.wisenut.com)
- CARA KERJA ( BAGAN + PENJELASAN)
Mesin pencari akan
dioperasikan dengan urutan berikut :
1.
Web Crawling, dimana dikenal juga dengan sebutan spider. Pertama kali
search engine harus mencari file dari databasenya sebelum menampilkan
alamatnya, dibantu dengan sebuah software khusus yaitu spider yang dapat
memilih informasi yang ada baik dalam memilih informasi yang ada baik dalam
ratusan juta halaman web sekalipun serta membuat daftar kata-kata didalam
database, proses inilah yang disebut dengan Web Crawling.
Pada saat seseorang
membuka situs search engine dan memasukkan kata kunci, maka kata kunci itu akan
dipilah per kata dan dicek oleh algoritma robot. Hasil pengecekan tersebut
menentukan karakteristik nilai dan parameter yang disetujui oleh search engine.
Nilai itulah yang kemudian disesuaikan dengan semua halaman yang disimpan di
dalam database. Jika halaman anda yang paling memenuhi kualifikasi maka akan
berada di halaman pertama.
- MACAM-MACAM SE
BERDASARKAN NAMA DAN CARA KERJA :
- Yahoo!
(http://www.yahoo.com)
Salah satu portal terbesar di Internet, selain MSN., dan juga salah satu mesin pencaru tertua. Halaman utamanya sendiri tidak terlalu ramah untuk pencarian, tetapi Yahoo! menyediakan search.yahoo.com untuk itu. Yahoo! menggunakan jasa Google untuk mencari informasi di web, ditambah dengan informasi dari databasenya sendiri. Kelebihan Yahoo! adalah direktorinya. Yahoo! juga menyediakan pencarian yellow pages dan peta, yang masih terbatas pada Amerika Serikat. Yahoo juga menyediakan pencarian gambar.
- Alltheweb
http://www.alltheweb.com
Keunggulan Alltheweb adalah pencarian file pada FTP Server. Tidak seperti web, FTP adalah teknologi internet yang ditujukan untuk menyimpan dan mendistribusikan file, biasanya program, audio atau video. Web sebenarnya lebih ditujukan untuk teks. Sejauh ini, hanya AllTheWeb yang menyediakan jasa pencarian file.
- MSN
http://search.msn.com
Mesin pencari dari Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari direktori. Pemakai Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan mesin pencari ini. Situs Searchenginewatch mencatat MSN sebagai mesin pencari ketiga populer setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image, atau news. Menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan, rumah.
Mesin pencari dari Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari direktori. Pemakai Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan mesin pencari ini. Situs Searchenginewatch mencatat MSN sebagai mesin pencari ketiga populer setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image, atau news. Menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan, rumah.
- AskJeeves
http://www.ask.com
Situs mesin pencari yang satu ini mengunggulkan kemampuannya untuk memahami bahasa manusia. Pengguna bisa menggunakan kalimat lengkap, bukan kata kunci. Situs ini berguna untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan(misal: when did world war II end?). - Google:
(http://www.google.com)
Selain pencarian web, Google juga menyediakan jasa pencarian gambar, pencarian ?berita serta pencarian pada arsip USENET (newsgroup), serta direktori, seperti Yahoo! Kelemahannya terletak pada tidak tersedianya pencarian file, video, dan audio. Keunggulan Google terutama adalah pada pencarian teks, terutama dari algoritma PageRank, database-nya yang besar serta banyaknya jenis file yang diindeksnya. - AltaVista
(http://www.altavista.com)
Satu saat, AltaVista pernah menjadi mesin pencari terbesar. Saat ini, selain Alltheweb, Altavista juga menawarkan pencarian audio dan video. Keunggulan AltaVista adalah pilihan pencarian yang paling lengkap di antara semua mesin pencari. - Lycos
http://www.lycos.com
Salah satu mesin pencari tertua. Saat ini Lycos lebih dikenal sebagai portal, sehingga fungsi pencarinya tidak terlalu menonjol. Lycos, selain mendukung pencarian web, juga menyediakan pencarian file MP3, dan video pada http://multimedia.lycos.com.
Macam-macam Search Engine Dunia :
A9.com,
Aeiwi, Aesop.com, Alexa, AlltheWeb, AltaVista, Amfibi, Amidalla, AnooX, Any
Search Info, AOL Search, Arakne Links, Atixa Directory, AxxaSearch, Beamed,
Boitho, Buzzle.com, CHEInternet, Cipinet, Click And Search, CyborgInfo,
DinoSearch, Dogpile, e-sygoing, entireweb.com, ExactSeek, Exalead, Excite,
FindOnce, Fresh Links, Geona, Green Search, HaaBaa, Hedir, HomerWeb,
Hotlaunch.com, HOTLAVA, Hotskunk.com, Infosniff, Infotiger, IntelSeek, Jayde,
jdgo, Librarians, Index to the Internet, MavicaNet, MetaCrawler (via Google and
Open Directory Project), MixCat, Mozdex, MSN Search, NationalDirectory, Navisso
Search, NBCi, NetArtic Search, Netscape Search, ObjectsSearch, OneWorldOneSite,
ooBdoo, Open Directory Project, OpenHere, PeaKaBoo.net, PleaseRetrive, Poddys,
PrimeFind Search, Primo Directory, Qango.com, ReallyBigSearch, REX, Scrub The
Web, Search4More, SearchGalore, SearchIt.com, Sertchy, singingfish, Sootle,
SplatSearch, Starting Point, Subjex, superpromo.com, The Search Brain, The
Turnpike Emporium Directory, The-Search-Site.com, Voyager Search, W8 Search,
Walhello Internet Search, Web Wiz Guide, Web World Index, Web\’s Biggest,
WebCrawler (via Google and Open Directory Project), WebSquash, WholeWorld,
Wotbox, Yahoo! Directory, Yahoo! Search Engine, Yahooligans!, Yeandi Web Directory,
ZenSearch.
- CONTOH
MACAM-MACAM TEKHNIK PENGOPTIMALAN SE ( SEDERHANA + KOMPLEK) :
1.
Contoh Search Engine berdasarkan cara kerja
A. Crawler -
Based Search Engine
a.
Google
Google adalah search engine yang didirikan oleh 2 orang mahasiswa
dari Stanford yaitu Larry Page dan Sergey Brind. Selain pencarian web, Google juga menyediakan jasa pencarian gambar, pencarian berita serta pencarian pada arsip USENET (newsgroup), serta
direktori, seperti Yahoo!
b.
Yahoo!
Yahoo didirikan oleh David Filo dan Jerry Yang, alumni mahasiswa
teknik universitas Stanford pada April 1994. Pada awalnya Yahoo hanya sebuah
bookmark, lalu berkembang menjadi portal web terbesar hingga saat ini. Yahoo
adalah site pertama yang berusaha mengkatalogkan web, menawarkan daftar
direktori dari setiap site penting, kemudian terlahir kembali sebagai web
portal yang menggabungkan direktori dengan pencarian, berita, IM, e-mail dan
jasa- jasa lainnya.
B. Human-
Powered Web Directories
a.
Open
Directory Project (DMOZ)
DMOZ didirikan pada Juni 1998 oleh Rich Skrenta. Rich Skrenta
mendirikan DMOZ untuk membuat suatu lingkungan yang mendukung yang akan
memperbolehkan editor sukarelawan untuk tetap berjalan bersaam dengan
meledaknya internet. Karena lebih mengutamakan pada project, tidakada staff
direktori yang boleh mereview, menambah, dan mengontrol yang dibuatoleh
direktori yang diedit oleh manusia.
b.
Looksmart
Looksmart bukanlah search engine, tetapi mempunyai pengaruh besar
juga dalam pencarian data di internet. Directori ini berbagi database yang
sudah dibuatkan kategorinya berupa link dengan MSN, Home.net, CNN, dan Time
Warner
C. Hybrid-
Search Engine
a.
Altavista
Altavista dikeluarkan Desember 1995 oleh Digital Equipment
Corporation’s (DEC). Altavista merupakan mesin pencari yang didirikan oleh
digital corp. Altavista mempunyai kelebihan dalam pencarian canggih (advanced
search) dengan menggunakan operator Boolean. Kelebihan ini akan mempermudah
kita untuk mencari informasi yang lebih spesifik. Altavista merupakan versi
pertama ‘Google’ sekitar tahun 2000an.
b.
Lycos
Lycos merupakan sebuah proyek dari sebuah lab di Universitas
Carnigie Mellon, Juli 1994, didirikan oleh Michael Maudlin. Lycos menggunakan
teknologi “spider” untuk menjelajahi website. Spider dididni adalah terminologi
internet untuk suatu robot program, yang dapat melakukan penyusunan index
banyak tempat dengan menjelajahi dan merekamnya satu persatu. Lycos adalah
mesin pencari dan portal web yang banyak menekankan pada informasi berorientasi
hiburan dalam arti yang luas.
D. Meta Search
Engine
a.
Excite
Excite didirikan sebagai Architext pada tahun1994 oleh Graham
Spencer, Joe Kraus, Mark Van Haren, Ryan McIntyre, Ben Lutch dan Martin
Reinfried, yang semuanya dalah mahasiswa Universitas Stanford. Excite merupakan
mesin pencari yang sangat digemari. Excite dapat menerima operasi logika
Boolean dalam pencarian data. Operasi Boolean yang disediakan adalah OR, AND
dan AND NOT. Tanda kurung untuk menyusun tahapan logika Boolean juga dapat
dipakai. Excite juga dapat mencari kata- kata ynag dianggap sebagai suatu
kesatuan dengan mengapit kata- kata tsb dengan tanda kurung.
b.
Webcrawler
Webcrawler memiliki keunggulan pencariannya yang detail,
WebCrawler tidak hanya mencari pada judul dan nama URL tetapi juga isi suatu
dokumen. Operasi logika NEAR dan ADJ dapat dipakai untuk mengurangi jumlah
laporan hasil pencarian. Bila peranti pencari lainnya umumnya mencari pada URL
web saja, WebCrawler mencari juga pada lokasi Gopher, server FTP dan server
lainnya selain web. Banyaknya hasil pencarian yang dilaporkan dapat diatur.
Kelemahannya, karena pencariannya detail, waktu pencarian lebih lama dan
WebCrawler tidak sering mengupdate basis datanya.
- JELASKAN
SEDIKIT TENTANG MACAM-MACAM SE :
- Yahoo!
(www.yahoo.com)
Salah satu portal terbesar
di Internet, selain MSN., dan juga salah satu mesin pencaru tertua. Halaman
utamanya sendiri tidak terlalu ramah untuk pencarian, tetapi Yahoo! menyediakan
search.yahoo.com untuk itu. Yahoo! menggunakan jasa Google untuk mencari
informasi di web, ditambah dengan informasi dari databasenya sendiri. Kelebihan
Yahoo! adalah direktorinya. Yahoo! juga menyediakan pencarian yellow pages dan
peta, yang masih terbatas pada Amerika Serikat. Yahoo juga menyediakan
pencarian gambar. berikut ini kelebihan dan kekurangannya yang lebih
jelas :
ü Kelebihan:
1. carta surat menyurat
modern untuk membuat orang menjadi lebih maju
2. salah satu web yang
menyediakan layanan fasilitas gratis
3. salah satunyapun yang
anda bilang, bila di refresh cepat
4. banyak fasilitas yang
disediakan, seperti: Y!A Y!A Y! mail Y! 360 dan lain2
5. sudah ada di banyak Negara
ü Kekurangan:
1. Satu id yahoo hanya
untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn
2. Teralu mudah untuk
membuat id, sehingga kadang-kadang disalah gunakan
3. Fitur Y!M msh sangat
kalah jauh dengan IM keluaran windows
4. Skin untuk Y!M msh
sangatlah simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak
- Alltheweb
(www.alltheweb.com)
Keunggulan Alltheweb
adalah pencarian file pada FTP Server. Tidak seperti web, FTP adalah teknologi
internet yang ditujukan untuk menyimpan dan mendistribusikan file, biasanya
program, audio atau video. Web sebenarnya lebih ditujukan untuk teks. Sejauh
ini, hanya AllTheWeb yang menyediakan jasa pencarian file.
ü Kelebihan:
1. Kemudahan dalam mencari.
2. Tampilan yang sederhana
seperti Google.
3. Alltheweb langsung
menyediakan fungsi untuk pencarian berita, musik, gambar, dan video.
4. Menu bantuan terlihat
jelas, dan di dalamnya tersedia sejumlah opsi bantuan yang banyak, sehingga
sekali lagi kemudahan tampak bagi si pengguna.
ü Kekurangan:
1. Pencarian yang lama
dibandingkan dengan mesin pencari lainnya.
2. Halaman pencarian hanya
dibatasi dengan sebuah garis sehingga membingungkan si pengguna.
3. Pada link-link yang tidak berguna
terkadang masih terlihat dalam beberapa hari, sehingga terlihat kurang aktual.
Hal ini menunjukan tidak cepatnya Allltheweb melakukan update.
- MSN
(http://search.msn.com)
Mesin pencari dari
Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari
direktori. Pemakai Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah
menggunakan mesin pencari
ini. Situs Searchenginewatch mencatat MSN sebagai mesin pencari ketiga populer
setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image, atau news. Menyediakan
pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan, rumah.
ü Kelebihan :
1. mampu mencari video,
musik, gambar, dan beragam format file spesial.
ü Kekurangan :
1. pencarian. Dibutuhkan
waktu yang lama sampai hasil ditampilkan di halaman MSN.
2. Pengguna juga sulit
membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya. Penampilan
iklan hanya dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di depannya.
- AskJeeves
(http://www.ask.com)
Situs mesin pencari yang
satu ini mengunggulkan kemampuannya untuk memahami bahasa manusia. Pengguna
bisa menggunakan kalimat lengkap, bukan kata kunci. Situs ini berguna untuk
mengetahui jawaban dari pertanyaan(misal: when did world war II end?)
ü Kelebihan :
1. Keunggulan utamanya
adalah ia akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan anda.
- Google
(www.google.com)
Selain pencarian web,
Google juga menyediakan jasa pencarian gambar, pencarian ?berita serta
pencarian pada arsip USENET (newsgroup), serta direktori, seperti Yahoo!
Kelemahannya terletak pada tidak tersedianya pencarian file, video, dan audio.
Keunggulan Google terutama adalah pada pencarian teks, terutama dari algoritma
PageRank, database-nya yang besar serta banyaknya jenis file yang diindeksnya.
ü Kelebihan:
1. Kecepatan dan kemudahan
dalam mencari.
2. lebih canggih dengan
fitur yang dimilikinya.
3. Tampilan yang sederhana.
4. Google merupakan
satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian,
karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
5. Dapat mencari segala
informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.
ü Kekurangan:
Dengan kelebihan yang
dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan
iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada
pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman
terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.
- AltaVista
(www.altavista.com)
Satu saat, AltaVista
pernah menjadi mesin pencari terbesar. Saat ini, selain Alltheweb, Altavista
juga menawarkan pencarian audio dan video. Keunggulan AltaVista adalah pilihan
pencarian yang paling lengkap di antara semua mesin pencari.
ü Kelebihan :
1. keunggulan dalam hal
pencarian halaman web,
video, gambar, MP3, dan file audio
lainnya. Dalam pencarian berita pun Altavista mampu mencari berita teraktual.
2. Altavista mampu
menetapkan berapa umur maksimal yang akan ditampilkan.
ü Kekurangan :
Dalam hal pencarian data
yang kurang bagus. Sering kali mesin pencari ini menampilkan hasil yang sama
sekali tidak ada kaitannya dengan tema yang dicari.
- Lycos
(http://www.lycos.com)
Salah satu mesin pencari
tertua. Saat ini Lycos lebih dikenal sebagai portal, sehingga fungsi pencarinya
tidak terlalu menonjol. Lycos, selain mendukung pencarian web, juga menyediakan
pencarian file MP3, dan video pada http://multimedia.lycos.com.
ü Kelebihan :
1. Lycos mampu mencari data
dengan cepat dan ini merupakan kelebihannya.
2. Dalam hal pencarian
cepat.
3. Lycos menyediakan fungsi
“Fun Search” yang lebih diperuntukkan bagi kalangan remaja. Ini sangat membantu
bagi kalangan yang membutuhkan gosip dan lagu terbaru dari para selebritis
pujaan.
4. Lycos juga menampilkan
50 pencarian terbesar di halaman depannya.
ü Kekurangan :
1. Untuk mencari berita-berita
aktualnya, pengguna harus masuk ke bagian site map karena berita-berita tersebut tidak ditampilkan di
halaman depan.
2. Sering tidak spesifik
karena datanya kebanyakan masih mengambil data dari mesin pencari Alltheweb
yang tergolong paling lamban dalam pencarian data
0 comments: